Kenali Perilaku Psikopat

Maraknya kasus pembunuh berdarah dingin bahkan pembunuh nekat akhir-akhir ini memang membuat kita giris, gamang, dan bahkan mungkin saja dilanda kecemasan dan kecurigaan berlanjut.

Kondisi ini menggiring kita untuk mencermati keberadaan berbagai penyimpangan perilaku manusia.

Psikopat adalah pribadi yang berperilaku antisosial, perilakunya didominasi oleh kehendak sendiri yang sangat impulsif.

Beberapa pakar berpendapat, orang psikopat mengalami luka bawaan pada struktur pusat berpikir dari otaknya sehingga aspek kepribadiannya secara menyeluruh berbasis emosi/feeling sehingga menjadi kurang utuh. Psikopat sangat ahli dalam hal emosi/feeling baik dalam mengatur emosinya maupun memanipulasi emosi orang lain. Dinyatakan pula akan keberadaan poreus (lubang) yang tidak terisi dalam struktur kepribadiannya (Glasser).

Perilaku seorang psikopat antara lain:

(1). Hanya mampu memahami etika, norma dan agama yang berlaku dalam tataran verbal, tetapi tidak mampu menerapkannya dalam perilaku. Mereka umumnya senang berdebat. Maunya hidup nikmat tanpa kerja keras dan menginginkan segala sesuatu secara instan. Untuk itu segala cara dihalalkan. Mereka umumnya memakai kedok agama (sangat senang belajar agama) sebagai alat agar disukai, dianggap baik dan membuat orang lengah.

Bagi psikopat yang agresif, kalau perlu membunuh pun tidak masalah baginya, asalkan keinginan hidup nikmatnya tercapai segera.

(2) Biasanya ia adalah seorang yang luas dalam pergaulan, memiliki banyak teman, pandai bergaul, dan memiliki rasa humor yang baik sehingga lingkungan mudah tertarik kepadanya. Selain itu, kemampuan relasinya pun baik.

(3) Tujuan hidup adalah melulu ditandai oleh pencarian kenikmatan, jadi sama sekali tidak mempertimbangkan hari esok. Mereka umumnya senang bersenang-senang, mereka secara rutin mengambil liburan, jalan-jalan atau pergi ke tempat hiburan seperti taman kota, luar kota, mall, cafe, diskotik atau lain lain. Falsafah hidupnya adalah yang penting saya senang dan tidak memikirkan akibat kesenangannya tersebut pada orang lain.

Apabila ia tidak merasa nyaman baik secara psikologis, emosi ataupun fisik, ia dapat marah menjadi-jadi dan mengeluarkan kata-kata kasar namun segera setelah ia menyadari itu, ia akan berlaku sangat manis.

(4) Pada awalnya orang psikopat adalah pribadi yang sangat menarik sehingga orang cepat suka kepadanya, dengan demikian orang yang termanipulasi pun pada awalnya sering kurang menyadari.

(5) Kecuali itu, dengan cepat pula, ia mampu melakukan rasionalisasi demi upaya pembenaran dirinya dan meyakinkan lingkungan ia melemparkan kesalahan kepada orang lain. Jarang sekali ia merasa bersalah, menyesal. Ia selalu menyalahkan orang lain terhadap kejadian buruk yang menimpa dirinya.

(6) Seburuk apa pun perilakunya, tidak akan mengubah ekspresi wajahnya tetapi ia juga pandai bermain sandiwara seperti pura-pura menangis, memelas dsb.

(7) Hukuman apa pun yang diberlakukan tidak pernah membuatnya jera sehingga tanpa rasa segan dia akan mengulang perilaku buruknya di kemudian hari.

28 responses to “Kenali Perilaku Psikopat

  1. Kyak yg d’alamin c ryan!
    Sreeem!

  2. Saya kuatir terjangkiti demam psikopat Mas! Bagaimana caranya menghindarinya, sebab dari dulu saya orang yang impulsif.

  3. Ping-balik: Stigma Pendidikan » Blog Archive » Blog dengan judul “Cerita Kriminal”

  4. Kayaknya kok mirip bgt ama aku ya ?

    Woww… Bahaya nih…

  5. psikopat/penjahat masa kini itu pintar, mereka memperhatikan perkembangan berita, dari tv, koran, juga internet, mereka mempelajari modusĀ² yang terdahulu, seperti halnya mereka mungkin salah satu dari pemerhati blog ini seperti halnya aku yang sejak lama punya jiwa psikopat

  6. sama kyk tetanggaku donk biar udah ditolong malah nusuk dari tbelakang, suka kemesjid ngaji dll untuk nutupin kebusukanya dan kejahatanya 0

  7. Hati2 ntar jd korban psikopat loe…

  8. lg browse2 ketemu blog ini. cuma mau bilang gw juga punya koleksi cerita kriminal mas. monggo di cek:

    gpp kan mas, promosi? :) hihihihi

  9. ada obatnya nggak mas,kayaknya sy pengidap penyakit ini?

  10. apa sih penyebabnya orang mengalami penykit psikopat?

  11. mungkin ada banyak orang yang mempunyai salah satu atau hanya beberapa tapi tidak semua dari ciri-ciri psikopat seperti yang disebut diatas. Itu hak setiap orang untuk punya menjauhi orang-orang yang memiliki sifat seperti itu, karena psikopat tidak dapat diobati dan akan selalu merugikan orang lain. ya namanya jg psikopat

  12. saya pernah mengenal sosok sperti ini…. saya kisahkan dalam bolg saya…

  13. Siapa artis yg psikopat ?
    Jawab :……………………………..

  14. aq siswi SMK jurusan MultiMedia yg lagi tertarik sma cerita tentang Psikopat, Aq seneng bkin cerita, dan itu dy masalahnya aq kurang bhan buat cerita q supaya aq bisa menjiwai…
    tp temen q sering bilang ke aq “jngan coba-” buat terjun dlam kepribadian soerang psikopat,…”
    + ‘^_^ +Yg aq mo tnyain, Apakah Kepribadian Seorang Psikopat itu terlalu berBahaya untuk dikenal?…

  15. lho lho lho kenapa semua pada ngaku …………

  16. saya psikopat seks

  17. Ping-balik: Anda Psikopat?! « Tia's Blog

  18. sepertinya mantan kekasih saya punya sifat2 psikopat…trimakasih utk infonya.

  19. apa emang begitu sift2 piskopat? sifat2 itu sprtinya banyak kita jumpai, khususnya orang pemakai narkoba,…

  20. BAGAIMANA CARA YG EFEKTIF MENGHINDAR DR PSIKOPAT INI….

  21. Hilangkan jauh jauh sifat membenci… ingin balas dendam…..jangan dipupuk sifat tersebut…… karena merupakan lahan yang subur untuk sifat psikopat….

  22. Gua punya teman yang punya 2 pribadi psikopat ama hipokrit.

    awalnya gua gak sadar,dia make kedok agama dan selalu menganggap orang lain rendah dimatanya.dan tak pernah sadar diri ni orang.udah jelas semua udah gak mau deket ama dia,tapi tetap aja ia mencari mangsa baru.ciri cirinya adalah;

    -suka menghabiskan milik orang lain tetapi ia memakai trik ”melas kaya orang paling banyak hutang”.

    -tiap hari gak pernah berduit,ini yang menyebabkan rokok gua selalu habis.

    -tidak punya rasa malu dan sadar diri.masa gua beli rokok 3 jam dah tinggal 4 batang.tiap hari malahan.

    -biasanya baik cuma buat menguras uang korban,padahal sebenarnya dia benci ama tu orang.

    -rela menjilat taik sendiri demi uang atau materi.

    - perkata’annya sangat jauh dari apa yang dia lakukan,tapi gak pernah nyadar.

    -kalo ngomong ama orang yang lebih tua kasar.

    -licik habis,ketawanya kaya dracula baru dapat mangsa.

    -suka merendahkan orang lain,padahal dirinya jauh lebih parah tp gak nyadar.

    -penakut,cinta dunia dan suka mengorbankan dan menyalahkan org lain.

    -beraninya main belakang,suka menjelek jelekkan orang di belakang,tapi di depan ia baik.

    -omongannya tidak bisa di pegang.

    -tidak jujur,pencuri,pembunuh,licik.

    -tidak bisa melihat orang lebih maju darinya.

    Orang tipe ini biasanya akan tersingkir oleh alam dan jadi pengemis. Cara yg paling baik mengatasinya jgn bergaul dengan dia

  23. Gue suka membayangkan ketika menyiksa seseorang perlahan-lahan sampai ia mati… gue juga sering memanipulasi keadaan.

  24. kayaknya mantan pacarku skarang emang udah jadi psikopat deh ,
    sikapnya sama seperti paparan diatas , sampai-sampai aku diancam dibunuh, dipotong jarinya, dll ….
    cara ngilanginnya gimana ya ? ngga enak banget kalo kaya gini hidup dihantui psikopat,

  25. Arhgggh,,, ciri-cirinya bnyak yg kena di mantan aku. Stelah putus dia minta balikan ttp anehnya msh brsama cewek slingkuhnya itu. Paragh bngt.

  26. Seorang psikopat tidak akan membeberkan rahasianya kepada publik. Padahal psikopat itu ialah “kelainan jiwa dan mental” seseorang karena mendapat suatu tekanan di hidupnya. Dasar, Indonesia.. Indonesia

  27. Terus bgmn cara menghadapix? Apkh bs dsembuhkan? Tq n Gbu

  28. Saya seorang psikopat dan secara medis sudah dinyatakan resmi sebagai psikopat oleh dokter ahli kejiwaan. Saya persilahkan bagi siapa saja yang merasa bukan psikopat untUk secara sendirian dan jika perlu berramai-ramai membenci saya dalam segala bentuk kebencian jika hal semacam itu memang dapat menambah kepuasan hati anda sekalian. Silahkan saja.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s