Ratu Suap Dana BLBI Punya Pulau

JAKARTA – Selain punya harta dan kecantikan Artalita Suryani, alias Ain si “Ratu Suap” ternyata juga dikenal luas di kalangan pengusaha, pejabat negara dan politisi. Terbukti belakangan ia tercatat sebagai Bendahara Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) karena disebut-sebut dekat dengan Gus Dur.Namun sayang, langkah Artalita ini sepertinya harus berakhir di penjara karena, Minggu (2/3) tertangkap basah bersama Jaksa Urip Tri Gunawan dalam praktek suap untuk penyelesaian kasus BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia) Sjamsul Nursalim (BDNI).

Sebab itu, tidak salah kalau anggota DPR dari Fraksi Partai Bintang Reformasi Ade Daud Nasution menyebut Artalita sebagai Ratu Suap, karena sebagai orang kepercayaan Sjamsul Nursalim untuk memberikan uang kepada sejumlah pejabat. “Dia sangat dikenal banyak kalangan,” tutur Ade.

Bahkan dia juga dikenal dekat dengan konglomerat hitam. Banyak kasus korupsi di republik ini lolos dari jeratan hukum berkat peran serta si Ratu Suap ini.

Perempuan yang sudah menjanda ini dikenal sebagai pengusaha sukses di Lampung. Dari hasil penelusuran Pos Kota, Artalita selain memiliki sejumlah perusahaan, ia punya sebuah pulau lengkap dengan cottage yang disewakan. Pulau Lelangga miliknya terledak di wilayah Lampung Selatan.

Usaha lainnya, Karaoke Millenium yang letaknya di Bukit Camang. Selain itu real estate Perumahan Bukit Alam Surya juga di Lampung Selatan. Artalita sendiri sudah tidak secara penuh menangani bisnisnya karena sudah dilimpahkan kepada putranya bernama Rommy.

Wanita usia 40-an ini telah ditinggalkan suaminya, Surya Dharma (almarhum), mantan bos PT Gajah Tunggal. Ia kemudian banyak berkenalan dengan politisi lokal di Lampung, termasuk calon Gubernur Lampung Alzier Dianies Thabranie. Bahkan, Artalita pernah menikah siri dengan Alzier. Namun pernikahan itu tidak berlangsung lama dan keduanya bercerai, Artalita menjanda untuk kedua kalinya.

Menjadi pertanyaan darimana asal-muasal kekayaan Artalita?, Tentu sebagai mantan istri bos PT Gajah Tunggal, wanita ini memiliki harta warisan dari suaminya. Naluri bisnisnya yang tajam membuat dia dengan mudah melebarkan sayap bisnisnya.

Wanita pengusaha ini tercatat sebagai komisaris PT Indonesia Prima Property yang bergerak di bidang pengembangan perumahan dan hotel, perkantoran dan pertokoan. PT Indonesia Prima Property, sahamnya milik PT Gajah Tunggal dan PT First Pacific Capital Prima Property.

Salah satu putrinya Imelda Dharma dipersunting oleh Eiffel Tedja, putra pemimpin perusahaan Pakuwon Group Alexander Tedja-Melinda Tedja.Konon resepsi pernikahan dihadiri 4 ribu undangan termasuk orang-orang penting di republik ini.

PERAN LOBI ARTALITA
Kiprah Artalita tidak hanya di bisnis tapi dalam dunia politik karena itu ia memiliki banyak kenalan pejabat. Sebab itu, Sjamsul Nursalim, obligor BLBI yang kini diburu Kejaksaan Agung menggunakan Artalita menangani masalahnya termasuk mengurus perusahaan milik Sjamsul Nursalin seperti Sogo.

Kepiawaian dalam melobi merupakan kelebihan dari Artalita. Peran lobinya itu, ia dipercaya untuk mengirimkan uang pecahan dolar senilai 660 ribu dolar Amerika Serikat, atau sekitar Rp6 miliar kepada Urip, sampai akhirnya ia tertangkap oleh penyidik KPK. Siapakah orang yang menyuruh Artalita tudingan mengarah kepada Sjamsul Nursalim yang kini tinggal di Singapura.

ATM PEJABAT
Permadi, anggota DPR dari FPDIP sekalipun tidak mengenal dekat Artalita tapi tahu nama itu. Bahkan dia menyebutnya sebagai ATM-nya pejabat. Tak ada pejabat pemerintah negeri ini yang tidak mengenal sosok perempuan mungil ini. “Saya berharap dia akan nyanyi saat di pengadilan nanti sehingga siapa pejabat-pejabat yang menjadikannya sebagai ATM akan terungkap,” kata Permadi.

Dia yakin, banyak pejabat yang mulai ketar-ketir dengan penangkapan Artalita itu. Tapi sepertinya hal itu tak mungkin dilakukan karena bisa saja tidak akan menguntungkan. “Kalau pun itu diteruskan sangat mungkin kasus ini dialihkan ke masalah lain sehingga persoalan BLBI justru kabur,” katanya.

Dalam dunia politik, Artalita pernah tercatat sebagai Bendahara Umum PKB. “Artalita Suryani memang pernah menjabat Bendahara PKB tetapi saat ini sudah tidak lagi berada pada posisi itu,” kata Ketua DPP PKB Effendy Choirie.

Menurut dia, Artalita sudah sejak empat bulan lalu mengundurkan diri dari PKB. Disinggung soal nama Artalita yang masih tercantum di website partai, Choirie menyatakan itu masalah teknis karena belum di-update (perbaharui).

Artalita masuk PKB menggantikan Erman Suparno yang ditarik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi Menakertrans.

ARTALITA DIPERIKSA
Tim penyidik KPK, Selasa, kembali memeriksa Artalita dan Urip. Pemeriksaan merupakan penyidik lanjutan sebelum dilimpahkan kepada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Urip diperiksa KPK selama lima jam, di mana pk. 19:20, ia baru meninggalkan Gedung KPK. “Oh tidak apa-apa,” jawab Urip singkat kepada wartawan. Sedangkan Artalita sampai pukul 20:00 masih diperiksa KPK.

Ketua KPK Antasari Azhar dalam keterangannya mengatakan, penyidikan KPK masih fokus kepada Urip dan Artalita. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan untuk memeriksa 34 jaksa lainnya yang menangani masalah BLBI, jika memang hasil penyelidikan mengarah kepada mereka.

3 responses to “Ratu Suap Dana BLBI Punya Pulau

  1. Bagaimana mau bersih pemerintahan ini kalau setiap personil ada keterkaitan jasa kejahatan terhadap yang lain. Benang Kusutlah kira2, barangkali hanya dengan pendatang baru dari akedimisi, pesantren dll yang mau bertindak bersih dan mengandung resiko tdk disukai internal tetapi bakal populer dan bikin maju negara ini

  2. bener2 banang kusut neh kasus harus diurai pelan2 tapi salut deh untuk hukum Indonesia sekarang bener2 dibongkar semua koruptor walopun belum sepenuhnya hukum di Indonesia ini bersih paling tidak ada suatu proses untuk pembenahan hukum kedepannya chayoooo….untuk ketua KPK nya….

  3. inilah cermin pejabat kita. kotor dan korup. bener2 sulit dipercaya negara sekaya ini hrs jd miskin gara2 pejabatnya kotor semua.

    pastinya bukan cuma artalita yg jd makelar kasus tap saya yakini ada banyak lagi.

    semoga artalita2 yg laen juga ditangkep KPK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s