Warga Taiwan Tertangkap Basah Membawa 7,2 Kg Shabu

TANGERANG – Tingkat kesiagaan petugas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terus diuji pedagang narkoba. Sekalipun petugas cukup sering menangkap kurir pembawa narkoba, dua warga Taiwan bernama Huan Lung Tseng (44) dan Tseng Wen Hu (35) pada hari Kamis (24/4) masih mencoba menyelundupkan 7,2 kilogram sabu ke Jakarta.

Beruntung, aparat Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan aksi kedua kurir itu. Petugas menyita 26 paket sabu yang dikemas dalam enam kotak biskuit, lalu dimasukkan ke dalam dua kopor.

Huan Lung Tseng mengaku sudah empat kali ke Indonesia, dua kali di antaranya membawa titipan barang dari seseorang untuk diberikan ke penjemputnya di bandara. Kali pertama ia lolos, tetapi yang kedua tertangkap.

Menanggapi pengakuan Huan, Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Rahmat Subagio menduga kedatangan sebelumnya bersifat penjajakan.

”Ia membawa sabu sesungguhnya baru sekarang,” duga Rahmat.

Direktur Penindakan dan Penyidikan Ditjen Bea dan Cukai Jusuf Indarto mengakui, bisa jadi ada narkoba yang lolos karena aparatnya memang tak memeriksa semua barang bawaan penumpang. ”Kalau diperiksa semua, bisa menghambat perjalanan penumpang pesawat,” katanya.

Bea dan Cukai memasang enam mesin x-ray di terminal penumpang Bandara Soekarno-Hatta. Dirjen Bea dan Cukai Anwar Suprijadi menganggap itu sudah cukup memadai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s