Jusuf Kalla Memberikan Teladan Bagi Rakyat Bahwa Melanggar Peraturan Pemerintah Adalah Hal Yang Wajar

JAKARTA – Pemberlakuan hari bebas kendaraan (car free day) di sejumlah ruas jalan Ibukota Jakarta ternoda. Aturannya, saat pemberlakuan hari bebas kendaraan (HBK) itu, siapapun dan apapun jabatannya kecuali angkutan umum dilarang melintas, ternyata Minggu (27/4), mobil Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) melintasi Jalan MH Thamrin.

Jalan itu bagian dari yang telah ditetapkan Pemda DKI Jakarta sebagai HBK dan sudah berlangsung empat kali hari Minggu. Selain mobil Wapres juga mobil pengawal masuk jalur Jalan MH Thamrin. Diperoleh informasi, JK melintasi Jl Thamrin untuk menghadiri peringatan Hari Hak Intelektual (HAKI) dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Masuknya mobil Wapres ke Jalan MH Thamrin saat diberlakukan HBK kontan mengundang reaksi dari sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta. “Mestinya, selain angkutan umum, mobil siapapun tidak boleh masuk dalam kawasan car free day tersebut. Kok, ini mobil Wapres malah main selenong saja,” kata H. Muhayar, Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta.

HARUS HORMATI
Muhayar mengaku kecewa adanya mobil Wapres JK dan rombogan masuk jalur car free day yang berlaku sebulan sekali setiap Minggu ke empat tiap bulannya, mulai pukul 06:00 sampai pukul 14.00.

Ia berharap ke depan semua pihak menghormati program yang sudah dibuat. “Perda tersebut harus berlaku untuk semua kalangan, tidak terkecuali mobil wapres maupu mobil presiden sekalipun,” tandasnya.

Pagi tersebut kawasan Thamrin-Sudirman diramaikan berbagai kegiatan olahraga massal. Mulai dari sepeda santai, futsal, bulutangkis dan pejalan kaki.

Budirama Natakusuma, Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, mengatakan program tersebut akan dikembangkan ke jalan protokol di wilayah lainnya. Bila kajiannya sudah matang, pada Juni mendatang sejumlah ruas jalan yang akan diterapkan car free day antara lain Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, kawasan Kota Tua, dan Sunter.

DITIRU RAKYAT
Kalangan DPR juga menyayangkan tindakan pengawal Wapres yang melanggar aturan ini. Namanya aturan sekecil apapun hendaknya dihormati. “Apalagi pejabat tinggi negara, mestinya memberi contoh yang baik bukan memberi tontonan tidak baik,” kata anggota DPR dari FPDIP Jacobus Mayong Padang.

Bila sekarang Wapres memberi contoh dengan melanggar Perda DKI Jakarta tentang Kawasan Bebas Kendaraan, jangan salahka bila suatu saat rakyat pun melanggar pula alias meniru. “Kalau Wapres dianggap tidak melanggar rakyat pun nanti akan coba-coba,” tegasnya.

Anggota DPR dari Komisi V DPR Abdullah Azwar Anas mengungkapkan hal sama. Peristiwa serupa dulu pernah dilakukan oleh pengawal Wapres Hamzah Haz yang melintasi busway. Saat itu terjadi polemik dan berbagai kecaman kepada pihak Wapres Hamzah.

“Kok sekarang diulang lagi oleh Wapres JK. Jangan-jangan itu maunya wapres,” katanya.

2 responses to “Jusuf Kalla Memberikan Teladan Bagi Rakyat Bahwa Melanggar Peraturan Pemerintah Adalah Hal Yang Wajar

  1. begitulah negara kita yang nggak mau maju-maju….

  2. …hehehhe mang ga’ tau aturan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s