Mahasiswa Ditangkap Densus Anti Teror Karena Menyebarkan Bom

BALIKPAPAN – Detasemen Khusus 88 Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Selasa (6/5) pukul 16.31 WITA membekuk mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong inisial H (20 tahun).

Mahasiswa ini dituduh telah melakukan aksi tindak pidana terorisme dengan menyebarkan pesan singkat via ponsel berisi ancaman pengeboman kantor kabupaten dan DPRD Kutai Kartanegara.

Personil Densus 88 menangkap tersangka di rumahnya di Tenggarong dan menyita barang bukti dua ponsel, laptop dan buku tulis. Polisi langsung membawa tersangka ke ruang tahanan Polda Kaltim Balikpapan.

Kepada wartawan, H mengaku ancaman aksi terornya tersebut untuk mengalihkan opini yang terbentuk di Kutai Kartanegara. Menurutnya, terjadi permasalahan kepemimpinan Kabupaten Kutai Kartanegara, di mana banyak diantara pejabatnya terjerat kasus korupsi.

“Pengalihan opini di Kutai Kartanegara,” tuturnya mengenai motif perbuatannya itu.

Seperti diketahui, mantan Bupati Kutai Kartanegara Syaukani Hasan Rais dan pelaksana tugasnya Samsuri Aspar saat ini sedang dalam proses penanganan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Densus 88 Polda Kalimantan Timur, Komisaris Besar Arif Wicaksono, mengatakan penangkapan tersangka berdasarkan penelusuran sinyal telepon. Polisi menelusuri identitas tersangka lewat sinyal ponsel yang dipakai untuk mengancam.

“Tersangka sempat ganti nomor ponsel. Namun akhirnya barang bukti sim card ketemu,” Arif menuturkan.

Tersangka, kata Arif, terjerat dengan Undang Undang Anti Teror dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun.

Selama sepekan terakhir beredar SMS berisi ancaman bom ke sejumlah unsur Musyawarah Pimpinan Daerah Kutai Kartanegara. Masyarakat setempat sempat resah dengan isu bom yang ditujukan ke sejumlah obyek vital di Kutai Kartanegara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s