Tersangka Kasus Korupsi Dana UN Bertambah

MEDAN – Kejaksaan Negeri Medan menetapkan pejabat Dinas Pendidikan Sumatera Utara yang juga pemimpin Ujian Nasional 2006-2007, Syahril Umar, sebagai tersangka. Bersamaan dengan Syahril, ditahan pula rekanannya, Direktur CV Adlink Computindo Rahman Joni. Keduanya diduga terlibat kasus dugaan korupsi dana UN 2006-2007.

”Mereka kami tetapkan sebagai tersangka karena membuat laporan fiktif. Itu terkait pengadaan blangko surat keterangan hasil ujian nasional dan penyewaan alat pemindai,” kata ketua tim pemeriksa kedua tersangka di Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan, Harli Siregar, Kamis (15/5).

Ia menambahkan, panitia melaporkan, pengadaan blangko surat keterangan hasil ujian nasional ditenderkan ke pihak ketiga. Padahal, berdasarkan penyelidikan dan keterangan saksi-saksi, blangko tersebut sudah disediakan Departemen Pendidikan Nasional. ”Blangko itu tinggal dipakai, tidak perlu dicetak karena sudah ada,” kata Harli.

Ia menambahkan, tim pemeriksa di Kejari Medan menemukan fakta, CV Adlink Computindo hanya menyuplai alat tulis untuk keperluan ujian nasional.

Alat pemindai

Selain terkait dengan blangko, Syahril dan Rahman juga diduga melakukan korupsi dana penyewaan alat pemindai. Sebab, alat pemindai yang dibutuhkan untuk mengoreksi hasil UN sudah disediakan Departemen Pendidikan Nasional. ”Dalam laporan panitia UN, alat itu disewa dari CV Adlink Computindo,” ujar Harli.

Berdasarkan laporan panitia UN, biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan blangko dan penyewaan alat pemindai Rp 519 juta. Namun, menurut Harli, dana tersebut sebagian besar tidak dimanfaatkan sebagaimana yang dilaporkan panitia.

Vonis MA

Masih soal kasus korupsi, Humas Kejaksaan Tinggi Riau, Darbin Pasaribu, di Pekanbaru, kemarin, mengatakan, mantan Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Ramlan Zas, dan mantan Sekretaris Daerah Rokan Hulu, Syarifudin Nasution, divonis 15 bulan penjara oleh majelis hakim Mahkamah Agung (MA). Keduanya diajukan ke persidangan terkait penyalahgunaan dana APBD 2003.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s