Empat Tukang Hipnotis Ditangkap Karena Mencuri Berlian Senilaii 1,2 Milyar

JAKARTA – Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat menangkap empat laki-laki yang diduga menggelapkan perhiasan berlian senilai lebih dari Rp 1,2 miliar, Jumat (16/5). Perhiasan berlian tersebut diambil dari pemiliknya, pedagang berlian Jannes Warko Saputra, warga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 9 April 2008.

”Dari hasil penyelidikan selama lebih dari satu bulan, keberadaan para pelaku akhirnya dapat dilacak. Dua pelaku ditangkap hari Kamis (15/5) di Bandung. Menyusul sehari setelahnya, dua tersangka lain ditangkap di Bekasi,” kata Kepala Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Heru Winarko, Jumat.

Keempat tersangka adalah Ruddy Soenarto alias Wibowo Setiawan (38), Usman Tanjung alias Galing (41), Iwan Ardiansyah alias Asbarudin (44), dan Bambang Purwadi (49). Dalam pemeriksaan polisi, Usman mengatakan, Maret 2008 Asbarudin dan Ruddy Soenarto mulai menghubungi Jannes melalui telepon membicarakan kemungkinan berbisnis.

”Mereka kemudian bertemu di rumah korban, 5 April 2008. Ruddy memperkenalkan diri sebagai Wibowo. Jannes memperlihatkan sebagian koleksi cincin, kalung, dan anting berlian. Mereka mengambil foto perhiasan dengan alasan akan diperlihatkan kepada bos mereka,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Agustinus.

Selasa (8/4), Ruddy yang tinggal di Bandung berangkat ke Jakarta bersama Asbarudin. Mereka sepakat bertemu korban di Hotel Puri Mega, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Pusat, Rabu (9/4). Korban juga diberi tahu, Bambang dan Usman, sesama makelar berlian, akan ikut hadir.

Rabu itu pukul 11.00, Ruddy dengan menggunakan KTP atas nama Wibowo menyewa kamar nomor 215 di Hotel Puri Mega. Ditemani Asbarudin di kamar tersebut, Ruddy menemui Jannes.

Saat mengobrol, tiba-tiba Usman mengetuk pintu dan mengabarkan, ”bos” peminat berlian menunggu di kamar sebelah.

”Kemungkinan mereka menghipnotis saya karena saya biarkan mereka membawa semua perhiasan berlian di kotak hitam dengan alasan akan diperlihatkan kepada bosnya. Mungkin hampir satu jam saya tenang saja di kamar. Tiba-tiba saya tersadar, panik, dan segera lapor polisi,” kata Jannes yang dihubungi melalui telepon.

Komisaris Agustinus mengatakan, para pelaku ditangkap di rumah masing-masing. Namun, hingga Jumat kemarin, baru sekitar separuh dari semua koleksi perhiasan berlian milik Jannes yang berhasil didapatkan kembali.

”Mungkin sudah dijual lagi. Kami masih terus menyelidiki. Untuk sementara, mereka ditahan karena melanggar Pasal 378 dan 372 KUHP, yaitu tentang penipuan. Ancaman hukuman di atas lima tahun,” kata Agustinus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s