Kasus Kejahatan Anak Meningkat Di Jawa Timur

KEDIRI – Kasus kejahatan yang melibatkan anak di bawah umur 18 tahun yang ditangani Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kediri, Jawa Timur terus menunjukkan tren peningkatan.

Kepala Bapas Kediri, Rintjoko S, Senin menyebutkan, selama periode Januari-Juni 2008 pihaknya sudah menerima 170 kasus kejahatan dari kepolisian yang melibatkan anak-anak.

“Jumlah ini kami perkirakan akan terus meningkat, karena setiap bulan kami bisa menerima antara 15 sampai 35 kasus kejahatan anak-anak,” katanya.

Sedang selama tahun 2007, Bapas Kediri telah menerima 291 kasus kejahatan yang melibatkan 286 anak laki-laki, dua kasus perempuan, dan tiga kasus lainnya gagal dipidanakan.

Angka itu lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2006 yang hanya 248 kasus kejahatan melibatkan 239 anak laki-laki, enam kasus anak perempuan, dan tiga lainnya gagal dipidanakan karena berbagai alasan.

Dari 170 kasus kejahatan pelakunya anak-anak itu, pada bulan Juni ini Bapas Kediri mendapatkan tugas memberikan bimbingan pada sembilan anak yang kasusnya telah diputus pengadilan.

Menurut Rintjoko, kasus kejahatan yang dilakukan anak-anak itu didominasi oleh kasus pencurian. Disusul kemudian kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pencabulan, dan pembunuhan.

“Anak-anak yang masuk di Bapas ini rata-rata dari golongan ekonomi menengah ke bawah yang kurang mendapatkan perhatian dari orangtua,” katanya.

Oleh sebab itu dia mengingatkan kepada para orangtua untuk lebih serius dalam memperhatikan anak-anaknya sehingga tidak terjerumus dalam dunia kejahatan.

Sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, salah satu fungsi Bapas adalah membimbing anak-anak yang terlibat kasus kejahatan.

One response to “Kasus Kejahatan Anak Meningkat Di Jawa Timur

  1. Masih kecil sudah menjadi penjahit, eh… penjahat. Setelah besar, jadi apa, ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s