Direktur MLM Multi Level Marketing Batara Mitra Asia Capital Ditangkap Polisi Setelah Menggelapkan Uang 300 Milyar Milik Downline

Dituduh menipu ratusan nasabah sekitar Rp300 miliar, direktur perusahaan MLM (multi level marketing) ditangkap petugas Polda Metro Jaya, Sabtu (9/8 ).

Haliman,35, direktur sekaligus pemilik dua perusahaan MLM kini mendekam dalam sel. “Dia sudah kami tetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Carlo Brix Tewu.

Perusahaan milik Haliman, PT Batara Mitra Asia Capital (BMAC) yang beralamat di Pasar Minggu, Jaksel, didirikan sejak tahun 2005. Karena PT BMAC dinilainya berhasil, pada 2006 ia kembali mendirikan PT Batara Indo Asia (BIT) yang berkantor di Graha Paramita Building, Kuningan, Jaksel.

Kedua perusahaan itu bergerak dalam bidang agrobisnis, perdagangan dan lainnya. Haliman menjaring ratusan nasabah untuk menanamkan invetasi, baik dalam bentuk rupiah maupun dolar AS dengan janji keuntungan dibagi setiap bulan.

“Paket investasinya paling kecil Rp100 juta. Bahkan ada yang menyetor miliaran,” kata Carlo, Minggu (10/8).

Awalnya, bunga dibayar lancar, namun kemudian tersendat sedangkan modal tak bisa ditarik. Para nasabah lalu mengadu ke Polda Metro Jaya pada Juli 2008 secara bergelombang. Korbannya ada 150 orang. Pada 15 Juli, sejumlah nasabah yang uangnya ditilep membawa sendiri Haliman ke kantor polisi.

“Nasabah menjebaknya di sebuah hotel, lalu dibawa ke sini,” kata Carlo. Lantaran belum ada bukti, pengusaha ini tak ditahan.

Hilman mengaku hanya menerima investasi senilai Rp120 miliar. Dalam praktek bisnisnya, ternyata Hilman membayar bunga kepada nasabah menggunakan uang modal yang ditanam mereka. Polisi kini memburu A dan W anak buah Hilman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s