Dendam Karena Dituduh Mencuri Mat Kailani Membunuh 7 Tetangganya Dengan Racun Babi

Tragedi tewasnya tujuh warga Desa Penantian, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, sudah terungkap. Para korban ternyata tewas akibat racun yang ditebarkan dalam adonan pisang goreng.

Mereka meregang nyawa setelah memakan hidangan gorengan dalam pesta sunatan yang diselenggarakan keluarga Sukendar. Sebelum meninggal, para korban menunjukkan gejala keracunan, di antaranya pusing, mual, muntah, dan kejang-kejang. Racun begitu kuatnya sehingga nyawa para korban tidak sempat diselamatkan.

Pelaku perbuatan keji itu adalah tetangga Sukendar, yaitu Mat Kailani (28). Kepala Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu Selatan Ajun Komisaris Besar Muhklis, Jumat (22/8), mengatakan, motif tersangka adalah dendam karena kerap dituduh mencuri oleh istri Sukendar.

”Tersangka mengaku memberikan racun dalam adonan gorengan. Racun itu biasa dipakai untuk meracun babi hutan,” kata Muhklis.

Menurut Muhklis, perseteruan istri Sukendar dengan Mat Kailani sudah didamaikan oleh perangkat desa, tetapi Mat Kailani masih menyimpan dendam. Dua hari sebelum kejadian, istri Sukendar mengundang Mat Kailani hadir dalam pesta sunatan anaknya untuk saling memaafkan.

Muhklis mengungkapkan, pesta sunatan itu dimanfaatkan tersangka untuk melampiaskan dendamnya. Dengan demikian, perbuatan Mat Kailani tergolong pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Tragedi tersebut telah dimaafkan oleh keluarga korban untuk menghindari terjadinya dendam berkelanjutan. Mereka menyerahkan penuntasan kasus tersebut kepada pihak kepolisian.

Menurut Muhklis, secara kebetulan keluarga Sukendar adalah pendatang, sedangkan Mat Kailani adalah warga setempat, kalau tidak rumah tersangka pasti sudah kami hancurkan sejak dulu. Tragedi itu bukan dipicu oleh kesenjangan sosial atau konflik antaretnis, tetapi semata-mata karena dendam antara penduduk asli dengan pendatang.

Benar nasihat orangtua, mulutmu harimaumu. Berhati-hatilah dengan omongan kita terhadap orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s