Cara Trik Paranormal Menipu Pasien – MUI Menegaskan Bahwa Percaya Pada Paranormal Adalah Haram

ercaya kepada paranormal? Ya.. masyarakat kita belakangan ini semakin banyak percaya kepada ‘orang pintar tersebut’. Terlebih mereka sudah berani beriklan baik lewat media cetak maupun elektronik.

Padahal tidak jarang yang tertipu. Tidak hanya harta benda bahkan juga harga diri seperti kegadisan ikut terenggut.Awas, sekarang banyak mengaku paranormal gentayangan menipu pasiennya.

Memang banyak trik yang dilakukan paranormal untuk memikat pasien. Siapa yang tidak percaya jika seorang paranormal ketika mengobati pasien tiba-tiba berhasil mengeluarkan kalajengking dari tubuh si korban. Atau dari dalam telur yang disebut sebagai medium pengobatan tiba-tiba keluar jarum.

Jangan cepat percaya! Sebab ternyata ada trik yang dilakukan paranormal, misalnya dengan terlebih dahulu merendam telur tersebut dengan air cuka lalu memasukkan jarum ke dalam telur tersebut. Setelah itu telur tadi direndam pakai air putih sehingga wujudnya kembali seperti telur semula.

Memang tidak semua paranormal penipu. Oleh karena itulah paranormal yang mengaku benar-benar berhasil mengobati pasiennya merasa prihatin dengan ulah paranormal yang menipu.

Seperti Teddy Agustino meminta masyarakat berhari-hati terhadap ulah paranormal yang merugikan pasiennya. Jika si ‘orangpintar’ terlalu banyak menuntut dari pasiennya pantas dicuriga. Apalagi tidak memiliki alamat atau tempat praktek yang tetap.

Ulah paranormal merugikan pasiennya dengan nilai cukup besar adalah kasus penipuan Rp 21 miliar yang memakan korban wanita pengusaha bengkel mobil, Ny. Eka. Pelakunya seorang wanita paranormal Ny. Jur. Kasus tersebut meski bukan untuk pertama kali, namun cukup mencengangkan kalangan ahli supranatural yang ada di Ibukota.

Merebaknya penjual jasa yang mengatasnamakan dirinya sebagai paranormal, kini faktanya telah menurunkan eksistensi di masyarakat. Mereka hadir bukan semata karena memiliki ‘kepintaran’ alias ‘daya linuwih’. Sekarang banyak lahir paranormal hasil didikan pihak tertentu. Cukup satu tahun belajar, tiba-tiba sudah berani buka praktek di masyarakat. Kehadiran mereka membuka peluang disusupi perilaku atau ambisi untuk ‘menipu’ pasien.

Paranormal kondang Teddy Agustino menilai kasus itu boleh jadi muncul akibat dari situasi ekonomi sekarang yang tidak menentu. Maka tak heran jika akhirnya banyak orang, termasuk kalangan pengusaha yang panik karena usaha yang menjadi andalan hidupnya bakal hancur . “Tanpa berpikir jernih, akhirnya meminta jasa bantuan pada paranormal yang salah,” terang Ketua Umum Lembaga Pengembangan Paranormal Indonesia (LPPI) itu pada Pos Kota.

“Saya melihat kesalahan utamanya dari pihak korban. Kenapa begitu saja percaya dengan hal-hal yang di luar logika? Satu contoh mau menuruti paranormal, sampai harus membeli minyak dengan harga ratusan juta rupiah. Belum lagi menuruti program ruwatan yang dilakukan sampai ke luar daerah. Aneh kan?” Begitu tutur paranormal yang juga pencetus berdirinya lembaga Tim Pembela Rakyat (TPR) itu lagi.

Diperkirakan Teddy, Ny. Eka berhasil ‘diperdaya’ lewat kekuatan magic oleh Ny. Jur yang menyebut dirinya itu sebagai paranormal. “Sejatinya paranormal itu kan hanya penjual jasa. Motivasinya harus mau menolong lebih dulu kesulitan orang lain. Namun jika sampai meminta sejumlah uang yang jumlahnya jutaan atau bahkan miliaran rupiah, seharusnya ya diwaspadai,” terang dia.

Hal yang sebenarnya, menurut Teddy lagi, seseorang sangat wajar meminta jasa bantuan paranormal. “Itu kan bisa disebut sebagai ikhtiar. Soal sukses atau tidak, sangat bergantung dari peminta jasa atau paranormalnya itu sendiri. Sedangkan soal media yang akan digunakan, ya harus dilihat juga apakah logis apabila ditelaah oleh akal sehat,” kata paranormal yang menduga banyak pihak mengaku-ngaku sebagai paranormal, namun kepintaran utamanya adalah memperdayai pasien lewat trick sulap atau hipnotis.

Berbeda apa yang diungkapkan Ki Edan Amongrogo. Paranormal asal Jombang (Jawa Timur) , secara tegas menyebut kasus yang menimpa Ny. Eka, jelas-jelas akibat terjerat sindikat penipu dengan mengatas-namakan paranormal. “Sangat tidak wajar. Sebab, harta yang terkuras bisa mencapai miliran rupiah. Apalagi diketahui ada pihak yang menjadi perantara,” tuturnya.

Menyangkut soal media ‘minyak’ yang harus dibayar mahal sampai ratusan juta rupiah, sungguh tak masuk akal. “Ya, sangat relatif untuk besar atau kecilnya. Sebab, dalam melaksanakan pekerjaan paranormal, ongkos spiritualnya itu memang mahal. Hanya saja ada keanehan apabila sampai harus membayar uang jasa paranormal hingga miliaran rupiah,” ungkapnya.

Dalam pandangan Ki Edan, eksistensi paranormal hadir justru dari orientasi masyarakat. Bahkan, menurutnya, keberadaraan ahli supranatural sudah ada sejak jaman nenek moyang dulu. “Sedang yang membedakan justru motivasinya. Mau menolong orang yang sedang kesulitan atau bahkan sebaliknya?”

Paranormal kondang Mama Laurent meminta agar masyarakat luas jangan gampang percaya terhadap pihak yang menyebut dirinya sebagai paranormal. “Biasanya yang terlalu banyak omong, apalagi sampai mengumbar janji-janji, belum tentu berhasil dalam memberikan bantuan pada pasien,” katanya saat dihubungi Pos Kota, semalam.

Kasus penipuan menimpa Ny. Eka, diyakini paranormal keturunan Belanda itu, bukan dilakukan oleh seorang paranormal. “Jadi, selidiki dulu, apa latar belakang pekerjaan dari wanita tersebut,” ucapya.

JANGAN PERCAYA
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengimbau umat Islam untuk tidak mempercayai paranormal, perdukunan dan sejenisnya karena hal itu jika dilakukan hukumnya haram. Perbuatan itu sangat menyesatkan.

“Daripada percaya kepada paranormal atau dukun dengan niat sesuatu lebih baik percaya kepada kiai, karena kalau percaya kepada kiai doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT,” kata Ma’ruf, di Jakarta, Sabtu, menanggapi banyak umat Islam yang masih mempercayai paranormal dan dukun.Ia mengatakan minta kepada kiai sama dengan minta kepada Allah SWT.

Salah satu advokat Ibukota, Lasmaida Iriani Sitinjak SH, menilai perbuatan yang dilakukan Jur jelas-jelas merupakan penipuan sesuai pasal 378 yang ancaman hukumannya 4 tahun penjara. Selain bisa diajukan secara pidana, paranormal tersebut bisa dituntut secara perdata dengan mengajukan gugatan baru.

Menurutnya kasus tersebut bukan terjadi kali ini saja, tapi sudah puluhan. Namun kebanyakan korban tidak melaporkan dengan alasan dianggap sebagai aib atau malu. Untuk itu, dia mengimbau jangan takut-takut untuk melaporkannya ke pihak yang berwajib.

Lasmaida juga sangat prihatin karena kasus tersebut biasanya menimpa kaum wanita yang sangat rentan dan gampang kena rayu dengan segala iming-iming. “Karena itu, kasus seperti itu harus diusut tuntas. Jika sampai di pengadilan pelakunya dihukum berat, mudah-mudahan bisa jadi shock terapi yang bisa bikin jera pelaku-pelaku lain,” terangnya.

Trik-trik PENIPUAN

– Telur pecah keluar jarum. (Sebelumnya telah direndam air cuka, mengerucut baru dimasukan jarum, setelah itu direndam air putih lagi)

– Ayam bisa mati mendadak. (Sebelumnya sudah diberi semacam racun lewat mulutnya)

– Kelabang keluar dari tubuh. (Di kain putih/hitam penutup pasien, sudah diberi beberapa kelabang hidup lebih dulu)

– Kawat keluar dari perut. (Pelakunya justru dari orang suruhan paranormal itu sendiri/memperdayai mata)

– Menggandakan uang (Pelaku sudah menyelipkan uang di bagian tubuh tertentu/mirip trik sulap)

– Air putih bisa cepat berubah warna (Pelaku sudah menyelipkan butiran warna).

4 responses to “Cara Trik Paranormal Menipu Pasien – MUI Menegaskan Bahwa Percaya Pada Paranormal Adalah Haram

  1. makasih infonya

  2. Info ini sangat berarti buat saya untuk waspada terhadap penipuan yg di lakukan oleh paranormal palsu.

  3. Setuju,nice info gan,,,

  4. Hatur Nuhun ats infonya,agr lbih brhati2 aza ats paranormal penipu baik di internet atw pun di media cetak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s