Misteri Mayat Kebun Tebu AKhirnya Terungkap

Setelah salah tangkap terhadap pelaku, akhirnya misteri pembunuhan Fauzin Suyanto warga Nganjuk yang ditemukan jadi mayat di kebun tebu Jombang akhirnya terkuak. Polda Jatim menangkap Rudi Hartono (21) warga Purwoasri Kediri. Sebelumnya, pihak penyidik Polres Jombang menetapkan Kemat Cs sebagai pelakunya.

Menurut keterangan, Rudi ditangkap anggota Sat Pidum Ditreskrim Polda Jatim di tempat kosnya di kawasan Daleman Sidoarjo, Sabtu dinihari.

Kabar tertangkapnya Rudi Hartono yang diduga sebagai pelaku pembunuhan menarik perhatian Bareskrim Mabes Polri.

Wakabareskrim Irjen Pol Paulus Purwoko saat dicegat wartawan di Mapolda Jatim usai menemui Kapolda Jatim membenarkan penangkapan itu. “Saya datang ke sini memang untuk mengecek kebenaran pengembangan penyidikan,” kata Paulus.

Namun, Paulus enggan menjelaskan penangkapan Rudi. “Saya tidak bisa memberikan sekarang. Dipersilakan ke Pak Kapolda untuk memberikan rilis,” ujarnya langsung masuk ke dalam mobil hitam dan meninggalkan kerumunan wartawan.

SALAH TANGKAP
Sebelum terbongkarnya pembunuhan terhadap Fauzin, Polres Jombang dan Polda Jatim sempat salah dalam mengidentifikasi korban Fauzin sebagai Asrori yang hilang satu tahun sebelumnya.

Belakangan, Ryan Si Jagal dari Jombang memberikan pengakuan kalau yang membunuh Asrori adalah dirinya. Korban Asrori ketika itu dikubur Ryan di belakang rumahnya. Pengakuan Ryan itu langsung mencuat kepemukaan karena pelaku pembunuh Asrori yakni Kemat dan dua rekannya sudah ditangkap dan kasusnya sudah diajukan ke pengadilan.

Untuk memastikan siapakah korban terakhir, Mabes Polri lalu melakukan tes DNA. Hasilnya, korban yang semula dicurigai sebagai Asrori itu diketahui bernama Fauzin. Atas petunjuk itu, Polda Jatim akhirnya menangkap Rudi Hartono. Lalu, bagaimana nasib Kemat Cs yang telah ditetapkan sebagai pelaku dan sudah jadi narapidana? Kalau tak terbukti harus dibebaskan

Tim gabungan Polda Jatim dan Polres Jombang, Sabtu (18/10), menangkap Rudi Hartono alias Rangga (21). Ia diduga menjadi pembunuh Fauzin Suyanto atau Mr XX yang mayatnya ditemukan di kebun tebu Dusun Braan, Desa Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, 29 September 2007.

Rudi ditangkap pada hari Sabtu pukul 03.30 saat terlelap di kamar kosnya di Daleman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Kakak sepupu Fausin Suyanto yang tengah berada di Nganjuk, Sudarwoto, menyambut gembira kabar tertangkapnya tersangka pembunuh Fauzin.

Tersangka yang bekerja sebagai karyawan toko di Sidoarjo tiba di Polda Jatim pukul 15.30 untuk diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Polda Jatim.

Hingga Sabtu malam, para pejabat kepolisian belum bersedia memberi penjelasan kepada wartawan. Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Irjen Paulus Purwoko, yang hadir di Polda dan bertemu Kepala Polda Jatim Irjen Herman Sumawiredja, juga tak mau berkomentar.

Keterangan yang dihimpun Kompas menyebutkan, setelah ditangkap, tersangka dibawa ke rumahnya di Dusun Purworejo, Desa Karang Pakis, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Di rumah itu ditemukan barang bukti berupa dua unit sepeda, sebuah sepeda motor berpelat AG 2426 VM yang diketahui milik Fauzin Suyanto.

Kecurigaan polisi berawal dari tindakan pelaku memperpanjang pajak STNK kendaraan bermotor milik korban, pertengahan 2008.

Setelah ditelusuri, perpanjangan STNK dilakukan oleh seseorang bernama Rudi. Pengembangan penyelidikan di Nganjuk mengarah ke Rudi Hartono.

Fausin Suyanto asal Nganjuk dilaporkan hilang sejak 21 September 2007. Belakangan, berdasarkan uji DNA, diketahui jasad Mr XX yang ditemukan di kebun tebu di Bandarkedungmulyo, Jombang, adalah Fausin Suyanto. Sebelumnya, jasadnya diduga sebagai Moh Asrori. Belakangan diketahui jasad Moh Asrori ditemukan di pekarangan rumah orangtua Ryan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s