Penjual Makanan Kadaluarsa Ditangkap Polisi

Aparat Kepolisian Sektor Mauk Kabupaten Tangerang, Minggu (2/11 ) dini hari, menyita sekitar 2.000 kemasan makanan kedaluwarsa dari gudang milik Ny En. Sampai Minggu petang, polisi masih memeriksa Ny En, warga Desa Kosambi, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang.

Makanan yang disita itu antara lain adalah biskuit merek Fogu, Khong Guan, Legenda, mi instan merek Karee, serta bubuk minuman seperti Jas Jus. Makanan itu sudah tak layak makan atau minum sejak September lalu.

”Kami baru meminta keterangan awal dari pemilik gudang. Selanjutnya kami limpahkan kasus ini ke Polres Metro Tangerang Kabupaten,” kata Kepala Polsek Mauk Inspektur Satu Ruslan.

Namun, barang bukti masih disimpan di polsek. Untuk memastikan keadaan makanan dan minuman itu, polsek akan memeriksakan beberapa makanan yang kedaluwarsa di laboratorium.

Ruslan menyatakan, tindakan mengedarkan, menjual makanan dan minuman kedaluwarsa melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Undang- Undang Kesehatan. ”Tindakan itu sudah termasuk pidana, namun polres yang menentukan langkah lebih lanjut atas kasus tersebut.”

Beredar di pasar

Pengungkapan soal banyaknya makanan kedaluwarsa tersimpan di rumah Ny En berawal dari laporan warga yang curiga dengan banyaknya truk besar datang ke rumah Ny En. Warga mendapat informasi bahwa truk tersebut mengangkut makanan dari Cikarang, Bekasi.

Polisi lalu mencari informasi mengenai dugaan adanya penyimpanan makanan kedaluwarsa. Saat dilakukan penggeledahan, polisi menemukan biskuit dan mi instan yang sudah tak layak makan lagi. Barang bukti tersebut kini dipindahkan dari gudang Ny En ke kantor polsek.

Kapolsek Mauk mengakui, harga makanan kedaluwarsa yang dijual oleh Ny En jauh lebih murah daripada makanan yang masih layak konsumsi. ”Warga perlu penyuluhan tentang dampak makanan kedaluwarsa, semoga pihak yang berkait dengan soal ini segera mengadakan penyuluhan kepada warga” ujar Ruslan

One response to “Penjual Makanan Kadaluarsa Ditangkap Polisi

  1. kita mesti wasapada dengan adanya makanan kadaluarsa di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s