Hercules Ditangkap Dalam Sebuah Operasi Memberantas Premanisme

Hercules Araujo alias Maung dan tujuh anggota kelompoknya ditangkap polisi karena terlibat pengeroyokan dan penusukan pada Jumat (7/11) malam. Kepala Polres Jakarta Barat Komisaris Besar Iza Fadri, Minggu (9/11), menjelaskan, penangkapan tersebut adalah bukti komitmen polisi memberantas premanisme.

Hercules yang warga Kelurahan Kembangan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, sudah ditetapkan sebagai tersangka.

”Saya tidak mengeroyok. Saya justru datang melerai keributan di Hotel Menara Peninsula. Sesudah itu saya pulang ke rumah lalu dijemput polisi untuk dimintai keterangan sebagai saksi, tetapi lalu ditahan dan HP saya disita,” kata Hercules.

Menurut Hercules, malam itu dia melihat keributan di lantai satu hotel. Ada seseorang yang dipukuli dan Hercules datang untuk melerai keributan tersebut.

Secara terpisah, Iza Fadri mengatakan, Hercules dan kelompoknya sudah menjadi target operasi. Hercules ditangkap karena dituduh terlibat penusukan dan pengeroyokan terhadap Abraham Sugeng alias Deni dan Beny Santoso Pandiangan.

Tersangka lain dalam kasus pengeroyokan dan penusukan yang ditahan adalah Edy Turangga, Budianto, Kimung, Ojen, Alito, Abel, dan Feri Kili-Kili. Polisi masih memburu tersangka yang buron, yakni Yorim, Boby, Bahrul, Panji, Riri, dan Marathon.

Pengeroyokan berawal dari urusan utang piutang Abraham dengan Budianto, salah satu tersangka yang meminta tolong kubu Hercules. Sedangkan Beny Santoso Pandiangan adalah anggota Reserse Narkotika Polres Jakarta Barat yang berusaha melerai pertikaian tetapi justru ikut dipukuli kelompok Hercules.

Menurut Iza, awal pertikaian terjadi ketika Budianto bersama kelompok Hercules berada di Hotel Menara Peninsula sejak Jumat pukul 19.00 untuk menunggu kedatangan Abraham Sugeng. Sekitar pukul 23.00, Abraham tiba dan tidak lama kemudian, Hercules dan sejumlah rekan turun dari Restoran dan Beranda Rumpi M1 di Hotel Menara Peninsula. Mereka dituduh mengeroyok Abraham.

Abraham melarikan diri ke dekat ruang Cengkeh hotel itu. Dia dikejar Ojen yang memukul kepalanya hingga jatuh. Lalu datang Kimung yang menusuk leher dan perut Abraham.

Iza meminta masyarakat tidak takut melaporkan aksi premanisme. Dia berharap masyarakat tidak ragu melaporkan aksi premanisme terorganisasi yang meresahkan.

Sejumlah rekan Hercules yang menjenguk belum menentukan langkah hukum yang akan diambil untuk pembelaan.

Ibu hamil jadi umpan

Aparat Polres Metro Tangerang Kabupaten Jumat sore lalu menangkap komplotan pencopet dan pemecah kaca mobil yang menjadikan perempuan hamil sebagai umpan untuk mencari korban. Namun, polisi menembak hingga tewas dua dari enam anggota kelompok itu karena keduanya mengamuk saat polisi minta mereka menunjukkan lokasi kejahatannya di ITC BSD City.

Dufan Efani (36) dan Robian Sadeli (24), dari kelompok pencopet, tewas dengan tembakan di dada kiri. Sedangkan empat rekannya, dua di antaranya perempuan (Us, sedang hamil tua, dan Er) berstatus tersangka dan ditahan polisi.

Menurut Kepala Polres Tangerang Kabupaten Ajun Komisaris Agus Adrianto, petugas terpaksa bertindak keras karena kedua tersangka melawan polisi.

Komplotan yang mengaku puluhan kali mencopet itu, kata Kepala Satuan Reskrim Polres Metro Tangerang Kabupaten Ajun Komisaris Dewa Wijaya dalam penjelasannya, biasa beraksi di mal Tangerang dan Serpong. Saat beraksi Us dan Er berpura-pura membawa barang berat sehingga orang membantu mereka. Dari belakang, rekan keduanya mencopet dompet atau telepon seluler si penolong.

Dewa menyebut kawanan itu Kelompok Palembang dan menggunakan mobil APV.

One response to “Hercules Ditangkap Dalam Sebuah Operasi Memberantas Premanisme

  1. tri wendosasmoyo indhra

    saya setuju dengan aparat kepolisian kita untuk memberantas premanisme..tapi juga harus adil,preman yang berdasi juga harus diberantas..Bravo Polisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s