Hati Hati Banyak Penipu Di Facebook

Anda tergabung dengan situs jaringan sosial Facebook? Hati-hati menerima tawaran di sana. Sebab para scammer Nigeria sudah memulai aksinya di sana.

Para penipu ini menjanjikan rekening dengan dana besar untuk menipu mangsanya. Triknya adalah mengirimkan e-mail dari seorang teman yang mengaku terdampar di Lagos, Nigeria dan meminta uang US$ 500 untuk membeli tiket pulang. Trik lainnya adalah dengan menyertakan sebuah e-mail dari teman-teman yang meminta Anda untuk mengunduh sebuah file video yang terinfeksi trojan.

Banyak pengguna Facebook yang tidak sadar bahwa “teman” mereka itu sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris. Tentu saja, Facebook membiarkan scammer untuk mencari dan membidik para korbannya secara lebih efektif dan mencegah pesannya diblokir oleh spam filter.

Saat ini, password Facebook memang menjadi mata uang di pasar kriminal cyber. Password ini dituai melalui trojan.

Diincarnya pengguna Facebook ini tidak mengejutkan mengingat popularitas Facebook terus meroket. Menurut Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg, saat ini total ada 120 juta pengguna Facebook di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s