Berani Berbuat Tidak Berani Tanggung Jawab – 580 Pria Kabur Meninggalkan Istri dan Anak Kelaparan

Sekitar 580 pria, yang sebagian besar kepala keluarga, sejak pekan lalu kabur meninggalkan rumah mereka. Para warga Desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, itu kabur dari desa mereka karena takut ditangkap polisi terkait kasus kerusuhan di proyek PLTU 3 Banten di Desa Lontar.

Keluarga yang mereka tinggalkan sudah kehabisan bahan pangan. ”Kasihan anak-anak dan istri mereka menangis terus. Tidak ada yang mencarikan nafkah. Banyak yang mulai kelaparan dan jatuh sakit,” kata Marjen, tokoh masyarakat yang dihubungi Kompas, Senin (24/11) pagi.

Marjen mengaku bingung harus mencari sumbangan ke mana untuk makanan keluarga yang ditinggal kabur oleh kepala keluarganya yang selama ini menjadi tulang punggung mereka.

Selama ini sebagian besar pria itu bekerja sebagai nelayan. Lainnya ada yang bekerja serabutan, dengan penghasilan sekitar Rp 15.000 sehari. ”Saya tahu persis,” kata Marjen yang dulunya dikenal sebagai juragan kapal itu.

Mereka kabur tanpa kabar. Ada yang menginformasikan di antara mereka ada yang menyeberang hingga Sumatera.

”Mereka takut. Ada yang beranggapan kalau menyerahkan diri akan ditembak,” tutur seorang warga lainnya.

Kepala Polsek Metro Mauk yang baru, Komisaris Dody Sundoro, Minggu (23/11) sore, berkunjung ke Desa Lontar dan berbincang-bincang dengan warga di kantor desa. Dody meminta warga yang kabur segera pulang, kasihan keluarga.

Bagi yang merasa bersalah diminta segera menyerahkan diri ke polisi. ”Yang tidak bersalah pulang saja,” kata Dody yang sebelumnya menjabat Kepala Polsek Metro Kronjo.

Dody menggantikan Komisaris Ruslan yang dicopot jabatannya karena kasus kerusuhan di PLTU 3 Banten yang berlatar belakang pemberantasan premanisme.

Bersama 15 ketua RT

Ke-580 pria itu meninggalkan desanya bersama 15 ketua RT mereka. Dua ketua RT lainnya tidak kabur karena keburu tertangkap polisi. Mereka kabur setelah kerusuhan yang disertai penjarahan dan pembakaran mes proyek PLTU 3, 14 November. Sejak itu polisi masuk desa dan mencari orang-orang yang terlibat kerusuhan.

Sampai dengan hari Senin, Polres Metro Tangerang Kabupaten telah menahan 24 warga Lontar, termasuk para perangkat desa, mulai dari kepala desa, sekretaris desa, hingga bendahara, dua ketua RT, serta sejumlah warga.

Bukan premanisme

Pemilik mayoritas armada truk dan alat berat proyek pembangunan PLTU 3 Banten, Hendriarto Setiadi, yang dihubungi terpisah semalam di rumahnya menegaskan, tak ada premanisme atau ”uang jago” dalam kasus kerusuhan di PLTU.

”Apa yang kami berikan kepada Desa Lontar adalah kompensasi atas gangguan lingkungan selama proses pengurukan kawasan tambak seluas lebih kurang 600 hektar. Gangguan itu, antara lain, debu dan suara bising alat-alat berat yang berlangsung selama 24 jam,” ujar Hendriarto.

”Kami ikhlas, bahkan merasa, pungutan tersebut wajib kami penuhi,” lanjut Hendriarto.

Apabila yang diinginkan polisi adalah pernyataan tertulis dari kontraktor bahwa pungutan yang berlangsung bukan ”uang jago” atau praktik premanisme, ”Kami, kontraktor dan sub-sub kontraktor akan lakukan,” katanya.

Hendriarto berharap, adanya pernyataan tertulis tersebut bisa dijadikan dasar polisi untuk membebaskan warga dan perangkat desa yang dituduh melakukan premanisme, kecuali mereka yang melakukan pembakaran, perusakan, dan penjarahan.

Hendriarto membantah adanya pesan singkat (SMS) tentang adanya praktik premanisme.

3 responses to “Berani Berbuat Tidak Berani Tanggung Jawab – 580 Pria Kabur Meninggalkan Istri dan Anak Kelaparan

  1. Keakuratan sebuah berita, adalah harga dari seorang Wartawan.
    Di Republik ini, sudah langka Jurnalis yang OK.
    Kebenaran itu masih ada, dan patut untuk terus diperjuangkan.

  2. Sementara ini, saya hanya salut buat Kompas (Cetek) dan TVone (Electronik).
    Namun jika anda dapat mempertahankan kinerja yang ada, bahkan tanpa upaya peningkatan pun (tapi jangan ya !), PEMBERITAAN yang bersumber dari anda akan merebut hati para sebagian besar Pembaca di Tanah Air ini.

  3. Segala Puji bagi Tuhan Alam Semesta Allahu Ta’ala yang mengabarkan kebaikan-kebaikan
    agar aku dan kalian mengambil manfaat dari kebaikan dan berbagi untuk sesama.
    Salam Kenal dari Kami GAMIS MURAH

    Thx infonya :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s