Mahasiswi Kedokteran Undip Hilang, Diduga Diculik Kenalan di Facebook

Kisah petaka terkait jejaring sosial Facebook kembali terjadi. Sylvia, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dilaporkan hilang. Diduga kuat mahasiswa tingkat akhir itu dibawa kabur pria yang dikenalnya melalui Facebook.

Gadis bernama lengkap Sylvia Russarina (23) itu menghilang atau tidak jelas keberadaannya sejak dua minggu lalu. Dia tak pernah berkirim kabar kepada keluarganya di Jambi. Padahal, biasanya perempuan yang sering dipanggil Sylvi itu rajin menelepon ibunya.

“Kami sudah merasa ada keanehan dengan Sylvi sejak dua minggu belakangan ini. Terakhir dia kirim SMS bunyinya ‘mama jangan cari sylvi, sylvi baik-baik aja’,” kata Maria, kakak Sylvi di rumah pamannya di Perumahan Bogor Asri, Blok D III No.13, Cibinong, Jawa Barat, Kamis (11/2/2010).

Maria menambahkan, hal tersebut membuat keluarganya khawatir. Mereka pun mencoba mendatangi kos Sylvi di Jl Solo, tepatnya di depan RS Kariadi, Semarang, Jawa Tengah. Namun Sylvi tidak ada.

Keluarga kemudian berusaha menemui sejumlah teman kuliah Sylvi. Tapi beberapa orang yang ditemui juga mengaku tidak tahu. Sampai akhirnya ada secuil informasi dari salah seorang mahasiswa.

“Katanya Sylvi dekat dengan seorang pria yang dikenal lewat facebook. Pria tersebut terlihat datang beberapa kali ke kos Sylvi,” ujar Maria.

Khawatir terjadi sesuatu, sambung Maria, keluarga kemudian melaporkan hilangnya Sylvi ke Polwiltabes Semarang. Dia berharap, Sylvi bisa segera ditemukan.

“Tapi sampai sekarang belum ada kabar dari polisi,” ungkap Maria dengan berurai air mata.

Menurut Maria, salah satu tantenya sempat mencoba menghubungi handphone Sylvi semalam. Sempat terdengar suara jawaban dari adiknya.

“Tapi tidak lama ada suara pria yang meminta adik saya mematikan handphone-nya,” ujar Maria.

Sylvia Russarina, mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Dipenegoro (Undip), diduga dibawa kabur pria yang dikenalnya di facebook. Barang-barang gadis tersebut masih utuh di tempat kosnya.

“Barang-barangnya masih ada,” kata teman kos Sylvia yang enggan disebut namanya, saat ditemui di tempat kosnya, Jl Solo no.11, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/2/2010).

Namun saat ditanya lebih jauh, gadis tersebut enggan berkomentar. Dia hanya mengatakan tidak tahu kemana Sylvia pergi.

“Ya tahu-tahu sudah nggak kelihatan di kos,” ungkapnya sambil berjalan pergi.

Kisah hilangnya Sylvia ini diungkapkan kakak kandungnya, Maria. Menurut Maria, Sylvia menghilang sejak 2 minggu lalu. Pihak keluarga sudah berusaha mencari kemana-mana, namun adiknya tak juga ditemukan.

Maria menduga, adiknya dibawa kabur seorang pria yang dikenalnya di facebook. Pria tersebut berinisial AR dan berasal dari Jombang, Jawa Timur. Dugaan tersebut berdasarkan informasi yang didapat S dari sejumlah teman kuliah Sylvia.

“Teman-temannya bilang adik saya suka berpergian bersama pria yang dikenalnya di facebook,” ujar Maria.

Sylvia Russarina, 23, mahasiswi Fakultas Kedokteran Undip yang diduga dibawa lari kenalan Facebook, diketahui mempunyai masalah akademis. Nilai semesternya jeblok.

Pembantu Dekan I Fakultas Kedokteran Undip, Hermanto mengatakan, berdasarkan catatan, beberapa semester terakhir, nilai Sylvia merosot. Ia mengaku tak tahu penyebabnya.

“Rapornya merah. Nilainya terus merosot,” kata Hermanto ketika ditemui di Kampus FK Undip, Kompleks RSUP Kariadi Semarang, Kamis (11/2/2010).

Hermanto tak menjelaskan seberapa jeblok nilai semester Sylvia. Namun ia memastikan, masalah itu sebetulnya bisa diatasi jika Sylvia mau mengikuti semester pendek.

“Saat ini, semester pendek tengah berlangsung. Tapi yang bersangkutan tak ikut,” ungkapnya.

Hermanto mengaku tak tahu menahu kemana perginya Sylvia. Kebetulan, saat ini tengah libur semester, sehingga pihak kampus kesulitan memantau keberadaan mahasiswi asal Jambi itu.

One response to “Mahasiswi Kedokteran Undip Hilang, Diduga Diculik Kenalan di Facebook

  1. menurut saya, sylvia dibawa sama org yg beraliran sesat. kasus ini mirip sekali dengan beberapa kasus yg pernah ada di mana org berkenalan, trs sering didatangi, keberadaannya tak jelas,dan bisa2 tertutup. jadi berhati-hatilah. untuk keluarga korban, mohon bersabar, mudah2n masalah ini cepet selesai. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s