Penipuan Berkedok MLM Gaya Koperasi Langit Biru

Kasus penggelapan dana bermotif multi level marketing (MLM) kembali mencuat. Kali ini, Koperasi Langit Biru pelakunya. Modusnya berupa investasi daging dalam berbagai paket, mulai Rp 385 ribu hingga Rp 14 juta dengan bonus hingga 259 persen per bulan. Banyak akal bulus Koperasi Langit Biru untuk menjerat nasabahnya. Salah satunya dengan brosur pengentasan kemiskinan warga muslim. “Mereka mengajak investasi untuk membantu pengentasan kemiskinan warga muslim,” ujar Rochadi, 47 tahun, salah satu nasabah koperasi asal Cikupa, Tangerang, kepada Tempo, Selasa, 21 Februari 2012.

Brosur koperasi yang dibagikan menjadi umpan pertama koperasi untuk menjerat nasabah. Setelah membaca brosur tersebut, Rochadi pun ikut bergabung karena ajakan sang istri. “Bagaimana tidak percaya karena tertulis di brosurnya untuk pengentasan kemiskinan warga muslim,” ujarnya.

Iswadi, warga Cikupa yang lain, menambahkan dalam satu tahun terakhir, brosur investasi yang dilakukan koperasi cukup berhasil. Banyak warga Cikupa yang bergabung menjadi nasabah. “Bahkan, ada yang sampai jual mobil, tanah segala,” katanya.

Namun, seiring dengan mencuatnya persoalan koperasi, banyak warga yang kemudian mengeluh. “Kemarin sempat ada warga curhat, bingung soal uangnya di koperasi,” ujar pedagang warung nasi Padang ini.

Masalah muncul ketika pembayaran profit mulai seret dan sejumlah pihak mengadukan ke kepolisian. Duit ratusan miliar dari ratusan ribu nasabah hingga kini tidak jelas kemana rimbanya. Mulai pertengahan bulan ini, kepolisian menggandeng Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mulai menyelidiki kasus penggelapan dana investor yang diduga dilakukan oleh oleh Koperasi Langit Biru.

37 responses to “Penipuan Berkedok MLM Gaya Koperasi Langit Biru

  1. Bubarin ajalah… Apapun alasannya tidak ada yang bisa di benarkan… Sekali ribah walupun kecil tetap ribah. Kasian para nasabahnya terjerumus dalam dosa RIBAH

    • sy ykn anda trmsk org2 yg munafik yg plg rakus mrsa ky org bener anda tau ga kl manusia itu tmpt y salah dn khilaf jd kl mnrt sy bkn anda mnyrnkn/mncri selusi yg trbaik ko mlh mmprkrh suasana dn bukti y smpai saat ini ssuai fkta tdak ada yg mrsa d rugikn/tipu olh phk klb (h jaya komara) dn srn andalh yg mmbuat rugi para nasabh(klb) kl smpi d bbrn sp yg mau brtgg jwb bung jgn asl ngmg !!!

  2. saya juga seoarang infestor KLB,saya juga bingung harus gmn…

  3. uang yg saya inveskan adalah uang pinjaman dari Bank BRI dgn menggadaikan surat2 rumah…dgn harapan bisa naik haji saat kontrak habis,skg smua nya jadi begini…bagi yg mau syaring hub aja 08997512223 siti rahimah

  4. benar-benar investasi yang menipu.

  5. Kita pake logika aja deh dlm mencari uang, Gª ª∂a̲̅ uang Ϋά̲̣̥ηġ di dapat secara ongkang2 kaki semuax di dapat dgn tenaga & pikiran….. Bwt Ϋά̲̣̥ηġ invest siapin aja obat penenang bwt menghindari stresss !!!!!!! Нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘

  6. semoga menjadi pelajaran bagi kita semua. sabar …. sabar dan kembali kepada Allah. dan banyak-banyak istiqfar

  7. SEMUA KEJADIAN ITU ADA HIKMAHNYA……..

  8. Tarik aja dananya semua sebelum di bawa kaburrr…rr..r..
    tunggu apalagi sih…modus seperti ini tidak di benarkan..
    mending buat usaha sendiri hasilnya jelas dan ayem di hati gak risau / was-was…lama-lama bisa sakit nehh,..ayo ambil pilihan segera..

  9. hehe….
    saa dulu pernah diajak untuk ikut dengan KLB, tapi alhamdulillah saya tidak percaya dan tidak ikut. katanya mengentaskan kemiskinan warga musli, tapi warga muslim ga sadar kalo setiap bulannya makan uang riba. bukannya orang muslim diajarkan untuk tidak memakan uang riba.? bagaimana tidak riba, masa kita digaji perbulan tanpa bekerja sama sekali..

  10. ente ngaji ga udah mengatakan ribah ,engga tau jangan sok tau , dimana letak riba , yang riba itu engga pernah tahu tetangga kelaparan , sedangkan dia hidup berlebihan ,ngegares sendiri aja yang penting perut sendiri gendut

  11. Kasihan, boro-boro mengentaskan kemiskinan, malah menyemai kemiskinan yang lebih parah, banyak yg stress uangnya tidak kembali.

  12. program bagus itu adalah program kebersamaan didalam mengentaskan kemiskinan, yang sebenarnya adalah tugas dari pemerintah. apakah pemerintah pusat ataupun setempat/daerah yg pada prakteknya tidak mengabaikan norma atau kebiasaan musyawarah yang mengkondusifkan keterbukaan informasi tidak saja diawal ketika orang/masyarakat yg ingin berkomitmen untuk saling menguntungkan didalam syariat islam, “after sales services” yg bukan share profit saja…lha foto hewan korbannya cuma beberapa aja kok gmna bs menjanjikan bagi hasil setinggi langit biru kl tdk ada informasi yg masih disembunyikan management KLBeee…….

    • kepada saudaraku yg tlah bergabung di klb aku sarankan tarik lagi infestasi yng tlah masuk,selamat berjuang dan jadikan pelajaran….. maaf

  13. Perlu di Tindak secara tegass

  14. koperasi langit biru benar2 bisa membuat anggotanya menjadi membiru karena sudah mati kutu,menggerutu,malu karena kena tipu oleh janji palsu dasar langit biru tidak tahu malu karena sebenarnya cuma aksi tipu-tipu

  15. astagfirullah ane baru baca ni artikel dan baru dapet infonya
    masalahnya nyokap ane malah obsesi banget buat ikut ini koperasi ampe keluar dari pabrik kemarin.

    mudah-mudahan nyokap ane belum ikut ini koperasi

  16. aduhhh …
    parahh yaaa ….

  17. hidup memang susah tapi jangan di tambah jadi susah ……….di telaah secara mendalam .jangan karena untung yang berlimpah kita terpedaya …kendalikan nafsu bila anda orang yang benar” pintar………….setelah saya anlisis perbandingan orang pintar dengan orang bodoh di lihat dari nafsunya orang bodoh lebih besar natingkat nafsunya

  18. thks

  19. wah untung ak ga ikut ajakan temen,,,, gmn nasib dia ya? seluruh saudara di ajak, baik di jkt maupun saudara yg di kampung? belom lg tetangga dan temen2ny? pasti di kejar2,,, semoga akan baik2 aj. dan dpt segera ambil kembali duitnya,,,

  20. pimpinannya berkedok haji/ ustad nggak taunya makan uang orang parahhhhh hanguskan rumah pimpinannya biar kapok nggak nipu orang lagi………bejat………..bejat

  21. Hayatinnufus Yayat

    KLB ga bertanggung jawab,,katanya klo mw keluar jd investor kapan aja silahkan,,,e,,,giliran mw di tarik bynk aturanya,,,,,aturan bnyk gpp asal uangnya ada,,,lha ini,,,?????????

  22. HUKUM MATI JA KLO MENIPU KE TUA NYA

  23. pake logika aja,mana ada hasil klo kerjanya duduk manis doang tanpa usaha.dipikiiirr

  24. cari uang kok pake ikut2an yg gini-ginian…. apa udah g percaya dengan kemampuan masing2.. apalagi segala sesuatu yang diperlihatkan secara berlebihan diawalnya, pasti belakangnya mencurigakan. semoga bukan menjadi kasus yg sama dengan Century, yg dari doeloe g kelar2 kasusnya…kasihan para investor. gelar ustad ato haji, kan sama manusianya, pasti melakukan kesalahan, contohnya udah banyak…. kenapa g sadar2 juga

  25. Ingin kaya hal yang wajar…..investasi…banyak ragam dan coraknya, yang pasti sebagai investor harus bijak dalam berinvestasi sesuai dengan kadar / tingkat resiko yang siap ditanggung. jangan pernah berinvestasi di satu tempat dengan jumlah yang besar dan tidak siap untuk menanggung resiko terburuk yang mungkin terjadi. sebarlah investasi di beberapa tempat agar resiko kerugian bisa diminimalkan.

  26. langit kuning…
    coba bersabar…….:)

  27. Sebaiknya akal yang diberikan Allah digunakan utk berfikir dan menganalisa, jangan terpedaya atas nama agama islam, atau tokoh agama. kasian saudara-saudara kita.

  28. wawan & GARIS KERAS kaya’ nya mendukung KLB. Apa jangan2 mereka pegawainya, atau mungkin yg makan dana kita yg ditipu….wah…wah….wah…

  29. saya adalah orang yang paling tidak tertatrik dengan yg namanya bisnis dalam bentuk MLM,..apapun polanya atau systemnya,..karena pola tersebut ada faktor pemantfaatan mengambil keuntungan pribadi atau kolompok tertentu,..apalagi kalo modusnya investasi,.paling anti,..sudah jelas2 adanya modul penipuan,..segala keuntungan yg kita harapkan cobalah kita ukur dengan logika…mana ada menaruh uang akan meraih keuntungan di atas 200% dalam waktu singkat kalo bukan rayuan atau iming2 belaka yg akhirnya mengeruk uang kita tanpa kerja keras

  30. ada nasehat mengatakan”jika ada orang datang kekita dengan tujuan baik bahkan sangat baik karena caranya menyampaikan salah maka kita sudah pasti menolaknya langsung,..tapi sebaliknya jika ada orang datang dengan tujuan buruk bahkan ingin menghancurkan kita karena menyampaikan baik dan dianggap benar maka kita akan menerima dengan baik,..maka berakhir dengan kerugian,…

  31. Ass. Hj Jaya Komara, harus bertanggung jawab atas perbuatannya.pikirkan uang masyarakat yg di inves di Koperasi Langit Biru.harus tanggung jawab dan mengganti uang masyarakat yg telah diinves di koperasi tersebut. Saya Dah 3 bulan gak mendapat bonus dr Koperasi tersebut.

  32. maklum saja, banyak orang yang ingin punya duit banyak tapi tidak kerja keras….. imposible…. ini sama dengan Investasi amanah muhamad sholeh suaidi, ST

  33. Budak Pajajaran

    Kalau memang KLB mw bertanggungjawab atas uang rakyat (investor) dan akan segera mengembalikannya, saya doakan semoga cepet kelar dan lancar…………
    tapi kalo semua hanyalah sebuah penipuan maka LAKNATULLAH bagi pemimpin dan antek2nya….fiddunya wal akhiroh,,,,,,di akherat akan berada FIDDARKIL ASPALI……..AMIN YA ALLAH.

  34. Kl Cuma aja ngomong semuanya juga bisa.kl denger sodaranya yang lg pada suasah baru bs ngomong, kemarin aja.ada yg sok dakwahlah..ah dasar….

  35. Tai kucing!!!!!!!!langit biru…… mmng sdh ada niat buat nipu dari awal. Gantung aja pimpinan dan staf2nya semua bikin resah masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s